Header Ads

Informasi Terbaru

Cara Pergantian Operator Dapodik Sekolah

Cara Pergantian Operator Dapodik Sekolah
Cara Pergantian Operator Dapodik Sekolah


pendikinfo.blogspot.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis Aplikasi Dapodik Versi 2020 pada tanggal 19 Juli 2020. Untuk dapat menjalankan Aplikasi Dapodik, masing-masing sekolah harus memiliki operator sekolah dengan akun email yang aktif dan terdata di server Dapodik. Bagaimana jika terjadi pergantian operator dapodik dalam prosesnya? berikut penjelasannya.

Untuk melakukan pergantian operator sekolah ada 2 hal yang harus dilakukan yaitu:

1. Menonaktifkan Akun Operator yang sudah tidak aktif

Untuk menonaktifkan akun operator yang sudah tidak aktif, hal yang harus dilakukan yaitu melaporkan akun yang sudah tidak aktif kepada Operator Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat. Operator Dinas Pendidikan dan Kebudayaan memiliki wewenang untuk menonaktifkan akun operator dapodik sekolah melalui web manajemen dapodik Dinas Pendidikan.

2. Mendaftarkan Akun Operator baru

Untuk mendaftarkan akun operator baru, langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu:
  1. Siapkan Email aktif yang akan digunakan sebagai Akun Operator Dapodik Sekolah. Email yang digunakan adalah Email Operator dan bukan Email Sekolah.
  2. Kepala Sekolah Menugaskan Operator Dapodik Sekolah melalui SK Penugasan Operator Sekolah. Contoh Format SK Operator Dapodik dapat di download disini: Download Format SK Operator Dapodik.
  3. Scan SK Operator Dapodik yang sudah ditandatangani oleh Kepala Sekolah untuk mendaftarkan Akun.
  4. Daftarkan Akun Operator Dapodik Sekolah di https://sdm.data.kemdikbud.go.id/. Akun yang di daftarkan di sdm.data.kemdikbud.go.id digunakan untuk membuka sistem Verifikasi & Validasi Data Dapodik. Cara Pendaftaran Akun Operator di web sdm.data dapat dibaca disini: Cara Daftar Akun Operator baru di sdm.data.kemdikbud.go.id 
  5. Setelah mendaftar di sdm.data.kemdikbud.go.id, Operator Sekolah menemui Operator Dinas Pendidikan dan Kabudayaan setempat untuk mendaftarkan akun yang akan digunakan untuk membuka Aplikasi Dapodik dengan membawa SK Operator Dapodik sekolah.
  6. Setelah didaftarkan oleh Operator Dinas, Akun sudah dapat digunakan untuk membuka Aplikasi Dapodik. 
Begitulah Cara Pergantian Operator Dapodik. Jika terdapat pertanyaan, silahkan isi pada kolom komentar.

Informasi Pendidikan dalam versi Video dapat anda lihat di Youtube Informasi Pendidikan

Anda dapat juga melihat Video Tutorial seputar Aplikasi Dapodik di Youtube Solusi Dapodik

Semoga bermanfaat,
Salam Pendidikan😊

https://pendikinfo.blogspot.com

No comments

Bagaimana pendapat Anda?