Cara Pendaftaran Akun Operator Dapodik Sekolah
Cara Pendaftaran Akun Operator Dapodik Sekolah |
pendikinfo.blogspot.com - Untuk dapat menjalankan Aplikasi Dapodik, masing-masing sekolah harus memiliki operator sekolah dengan akun email yang aktif dan terdata di server Dapodik. Jika belum memiliki akun di http://sdm.data.kemdikbud.go.id, maka operator sekolah di sekolah harus segera melakukan registrasi dengan melampirkan surat tugasnya sebagai Operator sekolah Dapodik.
Untuk melakukan pendaftaran operator sekolah hal yang harus dilakukan yaitu:
- Siapkan Email aktif yang akan digunakan sebagai Akun Operator Dapodik Sekolah. Email yang digunakan adalah Email Operator dan bukan Email Sekolah.
- Kepala Sekolah Menugaskan Operator Dapodik Sekolah melalui SK Penugasan Operator Sekolah. Contoh Format SK Operator Dapodik dapat di download disini: Download Format SK Operator Dapodik.
- Scan SK Operator Dapodik yang sudah ditandatangani oleh Kepala Sekolah untuk mendaftarkan Akun.
- Daftarkan Akun Operator Dapodik Sekolah di https://sdm.data.kemdikbud.go.id/. Cara mendaftarkan akun di sdn.data.kemdikbud.go.id adalah sebagai berikut:
- Buka laman https://sdm.data.kemdikbud.go.id/
- Pilih menu Pendaftaran > Operator Sekolah (untuk operator sekolah) / Operator Yayasan (jika mendaftar sebagai operator yayasan)
Registrasi SDM Data - Isi setiap kolom sesuai data Operator Sekolah. Pada bagian password tidak harus sama dengan password email operator. Password yang didaftarkan disini akan digunakan untuk login ke Aplikasi Dapodik.
- Pada bagian Surat Penugasan upload SK Operator dengan Format .pdf dan ukuran maksimal 1 Mb.
- Klik Registrasi
- Setelah Registrasi berhasil, Admin Dappodik Pusat akan melakukan Approval Pendaftaran untuk mengaktifkan akun Operator. Proses Approval dapat juga dilakukan oleh Admin Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat. Untuk mempercepat proses approval segera hubungi Admin Dinas Pendidikan Setempat.
- Lihat Status Keaktifan Akun Operator Sekolah dengan mengklik menu Status Pendaftaran.
- Masukkan email yang sudah didaftarkan sebelumnya, jika status sudah aktif maka operator sekolah sudah dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.
- Setelah mendaftar di sdm.data.kemdikbud.go.id, Operator Sekolah menemui Operator Dinas Pendidikan dan Kabudayaan setempat untuk mendaftarkan akun yang akan digunakan untuk membuka Aplikasi Dapodik dengan membawa SK Operator Dapodik sekolah.
- Setelah didaftarkan oleh Operator Dinas, Akun sudah dapat digunakan untuk membuka Aplikasi Dapodik.
Begitulah Cara Pendaftaran Operator Dapodik. Jika terdapat pertanyaan, silahkan isi pada kolom komentar.
Informasi Pendidikan dalam versi Video dapat anda lihat di Youtube Informasi Pendidikan
Semoga bermanfaat,
Salam Pendidikan😊
https://pendikinfo.blogspot.com
kenapa sudah daftar di sdm tidak bisa registrasi dapodik 2021
ReplyDeleteSilahkan daftarkan akun ke Admin Dinas Pendidikan setempat
Deletesaya sudah coba daftar daan daftar setiap hari namun keterangan nya " The specified URL cannot be found.
ReplyDeleteSilahkan dicoba lagi atau klik link berikut: https://sdm.data.kemdikbud.go.id/
DeleteKalau alasanya masih dalam antrian bagaimana ia kakak?
ReplyDeleteAkun sedang dalam antrian aktivasi. selalu muncul itu
ReplyDeletekalau harus ke operator kabupaten jauh harus naik turn gunung
ReplyDeleteSudah regis akun dan sudah bisa regis dapodik, namun untuk vervalpd dan verval ptk masih gagal. Mohon informasinya. Terimah kasih.
ReplyDeleteASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama rani asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....
ReplyDelete1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
– Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
– Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
– Drop out takut dimarahin ortu
– IPK jelek, ingin dibagusin
– Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
– Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
– Dll.
2. PRODUK KAMI
Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
SARJANA (S1, S2)..
Hampir semua perguruan tinggi kami punya
data basenya.
UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
STIE SUKABUMI YAI
ISTN STIE PERBANAS
LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
STIMIK UKRIDA
UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
UNIVERSITAS SAHID DLL
3. DATA YANG DI BUTUHKAN
Persyaratan untuk ijazah :
1. Nama
2. Tempat & tgl lahir
3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
4. IPK yang di inginkan
5. universitas yang di inginkan
6. Jurusan yang di inginkan
7. Tahun kelulusan yang di inginkan
8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
4. Biaya – Biaya
• SD = Rp. 1.500.000
• SMP = Rp. 2.000.000
• SMA = Rp. 3.000.000
• D3 = 6.000.000
• S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
(kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
• D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
(minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
• Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000