Header Ads

Informasi Terbaru

Fasilitas Pencarian Kerja Untuk Lulusan SMK

Fasilitas Pencarian Kerja Untuk Lulusan SMK
Fasilitas Pencarian Kerja Untuk Lulusan SMK
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memberikan fasilitas pencarian kerja untuk lulusan SMK melalui Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK. Hal ini sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia, Pemerintah terus berupaya menyelenggarakan program-program untuk mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Fasilitasi pencarian kerja untuk lulusan SMK menjadi prioritas pemerintah untuk memastikan bahwa lulusan SMK yang telah dibekali dengan keterampilan dapat bekerja sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.

Sursa Kerja Khusus (BKK) SMK adalah Bursa Kerja di SMK yang melakukan kegiatan/memberikan layanan berupa informasi pasar kerja, pendaftaran pencari kerja, panyuluhan dan bimbingan jabatan, penyaluran dan penempatan pencari kerja. Dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi BKK, Direktorat Pembinaan SMK telah mengembangkan Bursa kerja Khusus (BKK) Online yang merupakan platform berbasis web dan android untuk pendataan kebekerjaan dan informasi kesempatan kerja bagi lulusan SMK yang terintegrasi ke Dapodik.

Adapun pelaksanaan penyaluran dan penempatan tamatan yang dapat dilakukan BKK SMK adalah sebagai berikut :
  • Menindaklanjuti kerjasama dengan industri pasangan yang telah menjadi mitra kerja dengan BKK sekolah.
  • Melakukan penelusuran alumni dan dimasukkan ke dalam database sekolah.
  • Merangkul pengurus Majelis Sekolah yang peduli dengan penempatan tenaga kerja dari alumni.
  • Membuat website khusus BKK yang selalu up to date yang dapat di link dengan situs-situs JOB CARRIER.
  • Menanamkan jiwa enterpreunership kepada siswa melalui pelatihan ketrampilan untuk menjadi seorang wirausaha (enterpreuneur).
Anda dapat mengakses sistem BKK melalui link berikut:
1. Official Website BKK
2. Aplikasi Android BKK

Semoga bermanfaat,

Salam Pendidikan 😊

No comments

Bagaimana pendapat Anda?