Header Ads

Informasi Terbaru

Cara Mengurus Ijazah Rusak/Hilang

Cara Mengurus Ijazah Rusak/Hilang
Cara Mengurus Ijazah Rusak/Hilang
pendikinfo.blogspot.com
- Ijazah juga digunakan untuk melamar pekerjaan setamat menempuh pendidikan di bangku sekolah dan perguruan tinggi. Namun, masih ada yang belum menyadari pentingnya ijazah sehingga tak disimpan dengan baik yang mengakibatkan ijazah tersebut rusak atau bahkan hilang.

Jika ijazah Anda mengalami kerusakan atau hilang sehingga tak bisa digunakan sebagaimana mestinya, lebih baik dicari lagi dengan lebih teliti. Sebab, mengurus ijazah yang hilang atau rusak terhitung rumit karena banyak syarat yang harus Anda siapkan. Berikut langkah dan syarat yang diperlukan untuk mengurus ijazah yang rusak atau hilang:

  1. Buat Surat Tanda Penerimaan Laporan Kehilangan Barang/Surat-Surat di Polsek Setempat.
    Sampaikan kepada petugas bahwa Anda berniat untuk membuattsurat kehilangan ijazah. Anda akan diminta untuk menandatangani surat kehilangan tersebut. Jangan lupa untuk fotokopi surat tersebut paling tidak 2 lembar.Untuk tahap ini, Anda perlu membawa:
    1. Fotokopi Ijazah
    2. Fotokopi KTP
  2. Buat SKPI di sekolah tepat ijazah dikeluarkan.
    Anda harus datang ke sekolah yang menerbitkan ijazah Anda (lewati tahap ini apabila sekolah sudah tidak ada). Datangi bagian Tata Usaha Sekolah dan jelaskan bahwa Ijazah Anda hilang atau rusak, dan minta tolong dibuatkan Surat Keterangan Pengganti Ijazah (SKPI). Dokumen ini akan dibuat dengan kop sekolah dan akan menjadi dokumen legal pengganti Ijazah asli Anda yang hilang atau rusak. Yang harus Anda bawa pada tahap ini:
    1. Materai 6.000 (2 buah)
    2. Pas Foto 3x4 (2 lembar)
    3. Surat Tanda Penerimaan Laporan Kehilangan dari Polsek
    4. Fotokopi Ijazah asli yang hilang
  3. SKPI akan ditandatangani Kepala Sekolah diatas materai 6.000 beserta cap basah, pas foto 3x4 ditempel di dokumen tersebut dengan cap tiga jari kiri di bagian atas foto seperti ijazah asli. Jika fotokopi ijazah dan belum dilegalisir, mintalah legalisir kepada petugas TU sekolah.
  4. Datang ke kantor Dinas Pendidikan sesuai kota/kabupaten sekolah jika sekolah Anda sudah tidak ada. siapkan materai 6.000 2 buah dan pas foto 3x4 2 lembar untuk tahap ini. Di bagian paling bawah SKPI ada kolom yang harus ditandatangani pejabat dari Dinas Pendidikan kota. Syarat-syarat yang harus disiapkan yaitu:
    1. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (tanda tangan diatas materai 6.000) + Fotokopi (2 lembar)
    2. Surat Pernyataan Saksi 2 orang teman seangkatan sekolah (tanda tangan diatas materai 6.000) dan dibuktikan dengan fotokopi ijazah saksi yang telah dilegalisir sekolah dan fotokopi KTP (2 lembar)
    3. Surat Tanda Penerimaan Laporan Kehilangan dari Polsek + fotokopi (2 lembar)
    4. Fotokopi KTP (2 lembar)
    5. Fotokopi Ijazah yang sudah dilegalisir (2 lembar)
  5. Jika petugas Dinas Pendidikan sedang ada di tempat, proses ini bisa rampung dalam sehari. Namun jika yang bertugas sedang tidak di tempat, Anda harus menunggu beberapa hari. Jika sekolah Anda sudah tidak ada, pihak Dinas Pendidikan bisa membuatkan SKPI dengan kop surat Dinas Pendidikan.
  6. Legalisir SKPI.
    Simpan baik-baik SKPI dan jangan lupa untuk fotokopi legalisirnya karena dokumen ini sudah berfungsi dan sah dipergunakan sebagai pengganti Ijazah asli yang hilang. 
Begitulah cara mengurus Ijazah SD, SMP, SMA maupun SMK yang Rusak atau hilang.
Sumber: indonesia.go.id

Semoga bermanfaat,
Salam Pendidikan😊


https://pendikinfo.blogspot.com

No comments

Bagaimana pendapat Anda?