Header Ads

Informasi Terbaru

POIN PENTING pada Update Aplikasi Dapodik 2021

POIN PENTING pada Update Aplikasi Dapodik 2021
POIN PENTING pada Update Aplikasi Dapodik 2021

pendikinfo.blogspot.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menjadwalkan untuk merelease Aplikasi Dapodik untuk Tahun Ajaran 2020/2021 pada bulan Juli 2020. Terdapat beberapa poin penting pada Update Aplikasi Dapodik 2021.

Video POIN PENTING pada Update Aplikasi Dapodik 2021




Fitur Aplikasi Dapodik 2021

  • Aplikasi offline berbasis web
  • Digunakan untuk semua jenjang (PAUD, Dikdas, Dikmen dan Kesetaraan)
  • Pengiriman menggunakan Sinkronisasi
  • Satu Aplikasi dapat digunakan lebih dari 1 Sekolah

Aplikasi Dapodik 2021

Informasi mengenai Rilis Aplikasi Dapodik dapat anda baca disini:

Adapun poin-poin penting yang akan terjadi pada Update Dapodik 2020/2021 yaitu:

1. Dapodikdasmen akan menjadi Dapodik Paud Dikdasmen. 

Aplikasi Dapodik akan digabung dari jenjang PAUD sampai SMA/SMK. Artinya aplikasi Dapodik Untuk jenjang PAUD yang sebelumnya terpisah dengan Aplikasi Dapodik SD, SMP, SMA dan SMK akan tergabung menjadi 1 Aplikasi yaitu Dapodik PAUD Dikdasmen.


2. Penambahan tingkat Kelas 13

Terdapat penambahan tingkat kelas yaitu Tingkat 13 khusus untuk SMK yang melaksanakan program SMK 4 Tahun. Untuk untuk SMA/SMK yang menyelenggarakan program 3 tahun tidak perlu mengisi tingkat kelas 13 ini.


3. Akan dilakukan Cleansing Pengguna

Akan dilakukan verifikasi akun GTK dan Operator Sekolah. Hal ini dilakukan untuk memastikan Email yang digunakan oleh GTK dan Operator Sekolah Aktif dan tidak digunakan lebih dari 1 akun pada Aplikasi Dapodik. Jika terkena Cleansing Username dan Password tidak dapat digunakan untuk registrasi Aplikasi Dapodik. Segera Lakukan update Email yang digunakan pada Aplikasi Dapodik.


4. Tarik Data

Data master yang diubah pada aplikasi Verval, baik VervalSP, VervalPTK maupun VervalSP akan dapat langsung dilakukan tarik data walaupun masih terdapat data invalid pada Aplikasi Dapodik. Hal ini memungkinkan karna proses tarik data merupakan proses satu arah yang mengirim data dari Server ke Aplikasi Dapodik.  


5. Kode Registrasi Untuk PAUD akan direset 

Kode Registrasi Aplikasi Dapodik PAUD akan disesuaikan dengan Kode Registrasi Dapodik Dikdasmen. Untuk informasi kode registrasi PAUD terbaru hubungi Operator Dinas Pendidikan Setempat


6. Proses Kelulusan otomatis

Pada Aplikasi Dapodik 2020/2021 operator sekolah tidak perlu melakukan update data kelulusan siswa kelas 6, kelas 9 mapupun kelas 12 karna akan dilakukan proses kelulusan otomatis dari Sistem Dapodik.


7. Cleansing Siswa Berganda

Sistem akan melakukan cleansing data siswa yang terdata lebih dari 1 sekolah sehingga data pada sekolah yang tidak aktif akan otomatis dibersihkan.


8. Proses Pindah Rombel

Pada Aplikasi Dapodik akan dibatasi proses perpindahan rombel. Operator Sekolah tidak dapat memindahkan peserta didik ke rombongan belajar yang berbeda tingkat. (Contoh Kelas 3 ke Kelas 5). Jika terdapat kesalahan rombel, Operator sekolah dapat menghubungi Operator Dinas setempat untuk dilakukan perbaikan maping rombel peserta didik tersebut.

9. Perubahan Akun 

Perubahan Akun Operator Sekolah harus melalui Operator Dinas. Sedangkan Akun/Email GTK dilakukan melalui manajemen sekolah online untuk jenjang SMP, SMA dan SMK. Untuk jenjang SD masih dapat dilakukan melalui Aplikasi Dapodik.


10. Mutasi Siswa

Siswa Pindah dari Aplikasi Dapodik harus disertakan Hasil Cetak Surat Mutasi Dapodik. Jika tidak dikeluarkan dari sekolah asal dapat meminta bantuan Dinas Pendidikan Setempat dengan membawa berkas yang sesuai atau Melalui LPMP Daerah setempat


11. Penambahan Fitur Pengisian E-Form Kesiapan Sekolah

Formulir kesiapan proses belajar mengajar di masa pandemi Covid-19 untuk diisi oleh Kepala Sekolah langsung dari Aplikasi Dapodik.


12. Pembatasan Sinkron

Pembatasan Sinkron Dapodik 10 kali dalam 1 hari. Tidak perlu menunggu jam 12 malam untuk sinkron karna trafik sinkronisasi data dibatasi 10 kali per hari untuk setiap sekolah.


13. Pembaruan Aplikasi untuk data Sarana dan Prasarana
Terdapat perubahan proses bisnis untuk data Sarana dan Prasarana pada Aplikasi Dapodik. Informasi lebih lengkap akan di bagikan setelah Aplikasi Dapodik 2021 dirilis.

Sumber: Bahas Dapodik


Download Panduan Aplikasi Dapodik 2021

Anda Dapat Mendownload Panduan Aplikasi Dapodik 2021 disini: 

Informasi selanjutnya tentang rilis Aplikasi Dapodik 2021 akan di informasikan melalui blog ini. Silahkan Subscribe Youtube Informasi Dunia Pendidikan.

Baca Juga: Informasi Persiapan Pemutakhiran Aplikasi Dapodik 2020/2021

Informasi Pendidikan dalam versi Video dapat anda lihat di Youtube Informasi Pendidikan

Anda dapat juga melihat Video Tutorial seputar Aplikasi Dapodik di Youtube Solusi Dapodik


Semoga bermanfaat,
Salam Pendidikan😊

https://pendikinfo.blogspot.com

1 comment:

Bagaimana pendapat Anda?