Header Ads

Informasi Terbaru

Pertimbangan Sekolah Tatap Muka Semua Zona Dimulai Tahun 2021

 

Sekolah Tatap Muka Semua Zona Dimulai 2021
Sekolah Tatap Muka Semua Zona Dimulai 2021

pendikinfo.blogspot.com - Pemerintah telah mengumumkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19.

Koordinasi Pemerintah Pusat Dukung Pemerintah Daerah

Pengumuman panduan penyelenggaraan ini dilakukan segera agar pemerintah daerah dapat bersiap dan seluruh pemangku kepentingan dapat mendukung pemerintah daerah dalam mempersiapkan. Mendukung dikeluarkannya SKB Empat Menteri ini, Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Agus Sartono, mengatakan pentingnya SKB Empat Menteri yang diumumkan hari ini.
“Kesehatan dan keselamatan adalah yang utama. Kesiapan satuan pendidikan perlu menjadi perhatian. Saya berharap para bupati dan walikota dapat mendorong semua sekolah melakukan ­kesiapan pembelajara tatap muka. Kesuksesan implementasi tidak terlepas dari komitmen kita bersama, khususnya pemeritah daerah,” kata Sartono saat membacakan pesan Menteri Koordinator Bidang PMK, Muhadjir Effendy.
 
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Pelaksana Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo menyampaikan pula dukungan atas kebijakan yang diumumkan ini. “Satgas Covid-19 mendukung SKB Empat Menteri dalam membuat ketentuan pembelajaran di masa pandemi ini karena banyaknya kendala pembelajaran jarak jauh (PJJ). Peta zonasi risiko dari Satgas Covid-19 Nasional tidak lagi menentukan pemberian izin pembelajaran tatap muka,” jelasnya. “Ke depan, pemerintah daerah sebagai pihak yang paling tahu kondisi di lapangan, perlu mengambil peran dan kewenangan penuh untuk menentukan model pembelajaran yang paling sesuai dengan wilahnya masing-masing. Kebijakan ini adalah langkah yang sangat bijaksana,” imbuh Kepala BNPB.
 
Sementara itu, Mendagri Muhammad Tito Karnavian, mendukung langkah-langkah yang dilakukan dunia pendidikan dengan dikeluarkannya SKB Empat Menteri ini dan mengingatkan agar pemerintah daerah tetap menerapkan protokol kesehatan. “Pada prinsipnya Kemendagri mendukung. Kepala daerah perlu melakukan antisipasi kesiapan agar tatap muka tidak menjadi klaster baru dalam pendidikan,” terang Mendagri.
 
Turut hadir pada pengumuman ini, Menag Fachrul Razi. “Kemenag telah melakukan beberapa upaya untuk mendukung PJJ secara daring. Meskipn demikan, pembelajaran tatap muka masih lebih efektif karena adanya ketimpangan kualitas sarana dan prasarana pendukung,” jelas Menag.
 
Pada kesempatan yang sama, Menkes Terawan Agus Putranto menegaskan bahwa Kementerian Kesehatan akan meningkatkan peranan Puskesmas dalam menerapkan protokol kesehatan dan mendukung kesiapan sekolah dalam memulai pembelajaran tatap muka. “Pemda diharapkan dapat membuat keputusan tepat dengan mengedepankan keselamatan dan kesehatan anak, guru, orang tua, dan masyarakat,” tegas Menkes.

Pertimbangan Sekolah Tatap Muka Semua Zona Dimulai Tahun 2021

Kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah untuk semua zona akan dimulai kembali per Januari 2021 pada Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021. Namun terdapat beberapa pertimbangan yaitu:
  1. Keputusan Bersama
    Dimulainya tatap muka ini adalah keputusan bersama 4 Kementerian yaitu Kemendikbud, Kemendagri, Kemenag dan Kemenkes serta disepakati oleh Satgas Covid-19
  2. Izin Pemerintah Daerah Setempat
    Pemerintah Daerah setempat memiliki kewengangan mutlak untuk mengeluarkan izin pembelajaran tatap muka dengan menyesuaikan kondisi daerah masing-masing.
  3. Kesepakatan Sekolah dan Orang Tua 
    Sebelum membuka tatap muka, Pemerintah Daerah perlu bersepakat dengan pihak sekolah dan orang tua siswa.

Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka per Januari 2021

Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka per Januari 2021 dapat anda baca melalui link dibawah ini:

Syarat Sekolah Bisa Tatap Muka Tahun 2021

Syarat Sekolah Bisa Tatap Muka Tahun 2021 dapat anda baca melalui link berikut:

Pengumuman Izin Pembelajaran Tatap Muka Tahun 2021

Pengumuman Izin Pembelajaran Tatap Muka Tahun 2021 dapat anda baca disini:
Tahun 2021 Izin Pembelajaran Tatap Muka Kewenangan Penuh Pemda

2021 Mulai Tatap Muka, ini Aturan Jumlah Peserta Didik dalam 1 Kelas untuk PAUD, SD, SMP, SMA/SMK dan SLB

Aturan Jumlah Peserta Didik dalam 1 Kelas untuk PAUD, SD, SMP, SMA/SMK dan SLB pada saat pembelajaran tatap muka 2021 dapat anda baca disini: 

Informasi Pendidikan dalam versi Video dapat anda lihat di Youtube Informasi Pendidikan

Anda dapat juga melihat Video Tutorial seputar Aplikasi Dapodik di Youtube Solusi Dapodik

Semoga bermanfaat,
Salam Pendidikan😊

https://pendikinfo.blogspot.com

No comments

Bagaimana pendapat Anda?