Header Ads

Informasi Terbaru

Ini Isi Pidato Mendikbud pada Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020

 

Pidato Mendikbud pada Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020
Pidato Mendikbud pada Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020

pendikinfo.blogspot.com - Hari Guru Nasional (HGN) diperingati setiap tanggal 25 November bersamaan dengan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Hari Guru Nasional ke-75 Tahun 2020 memiliki tema “Bangkitkan Semangat, Wujudkan Merdeka Belajar”. Dalam Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim akan berpidato. Berikut isi Pidato Mendikbud pada Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020.

PIDATO MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PADA PERINGATAN HARI GURU NASIONAL TAHUN 2020

Assalamu 'alaikum  Warahmatullahi  Wabarakatuh, 
Salam sejahtera untuk kita semua,
Om Swastiastu, 
Namo Buddhaya, 
Salam Kebajikan, 
Rahayu.

Bapak dan lbu guru yang saya cintai dan saya banggakan,

Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020 ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini kita memperingati Hari Guru Nasional dalam situasi pandemi  Covid-19. Sistem pendidikan dimana saja, di seluruh dunia, terkena dampak langsung. Sekolah-sekolah pun sementara harus ditutup. Data UNESCO  mencatat lebih dari 90% atau di atas 1,3 miliar populasi siswa global harus belajar dari rumah. Hampir  satu generasi  di dunia terganggu pendidikannya.

Akibat pandemi  pula, jutaan  pendidik dituntut  untuk bisa melakukan pembelajaran jarak jauh atau belajar  dari rumah. Hal ini dilakukan  agar kita bisa menjaga  diri dari potensi  terkena   virus  sekaligus  memutus   rantai  penularannya.   Sebagai  manusia biasa,  situasi  sulit ini  kadang  kala  membuat  kita merasa  tidak  nyaman   dan tidak berdaya.  Ada  pilihan  untuk   menyerah,  ada  opsi  untuk  mengeluh.  Namun,   kita memilih  terus  bangkit  dan berjuang.  Itu  karena  keyakinan bahwa  kita  tetap  bisa mengupayakan keberlanjutan pembelajaran bagi murid-murid yang kita cintai walau dengan  segala keterbatasan

Bapak dan lbu guru yang saya muliakan,

Saya sangat percaya bahwa selalu ada hikmah dari setiap peristiwa yang terjadi. Banyakpemangku kepentingan di bidang pendidikan bahu-membahu, bergotong royong mengatasi kompleksitas situasi yang belum pemah terbayangkan sebelumnya.

Para orang tua begitu aktif terlibat mendampingi anaknya saat belajar dari rumah. Ayah dan ibu bahu-membahu memberikan motivasi, menemani belajar, bahkan turut pula menjadi guru bagi anak-anaknya. Jutaan guru Indonesia turut serta dalam ribuan webinar dan pelatihan daring. Guru-guru Indonesia giat dan aktif mencari solusi terbaik demi berlangsungnya pembelajaran di masa pandemi. Sikap-sikap positif ini, semangat pantang menyerah dan gotong royong adalah sebuah keteladanan untuk anak-anak kita, murid-murid kita, para penerus bangsa.

Saya berharap seluruh insan pendidikan menjadikan situasi pandemi ini sebagai laboratorium bersama untuk menempa mental pantang menyerah dan mengembangkan  budaya  inovasi. Saya juga  mengajak  semua pihak melanjutkan kolaborasi yang telah terbentuk. Pandemi telah memberikan kita  momentum dan pelajaran berharga untuk mengakselerasi penataan ulang sistem pendidikan untuk melakukan lompatan dalam menghasilkan SDM-SDM Unggul untuk Indonesia Maju.

Bapak dan lbu guru yang saya hormati,

Pada  kesempatan   ini, kami  ingin memberikan  apresiasi  setinggi-tingginya  kepada semua  guru, tenaga  kependidikan, pemerintah  daerah,  para  pemangku kepentingan pendidikan yang telah menciptakan  perubahan  dan inovasi yang sangat  luar biasa. Dengan  semangat  juang  yang  tinggi  dan  kesabaran  Bapak  dan  Ibu  guru  semua, pembelajaran tetap terns berjalan meski dengan  segala keterbatasan.

Saya   sangat    terharu    melihat   dan   mendengar   cerita-cerita    hebat,    dedikasi, kesungguhan Bapak dan Ibu guru untuk bergerak mencari  solusi agar proses belajar anak-anak  Indonesia  tidak  terhenti.   Ada  yang   sudah   melakukan  pembelajaran daring. Ada  guru yang  membuat  anak-anak  menjadi  kelompok kecil dan didatangi secara bergiliran. Ada yang masuk ke sekolah dengan  menggunakan jadwal bergilir dengan   protokol   yang   sangat   ketat.   Ada   yang   mendatangi  rumah siswa  dan berdiskusi  dengan  orang  tua  siswa  untuk  membantu  proses  belajar  mengajar   di rumah. Ada yang mencari  sinyal di seberang  sungai, dan sebagainya.

Semuanya menjadi bukti bahwa kita semua adalah pewaris para pejuang  yang tidak mau  menyerah  dengan  keadaan.  Kita  mampu  beradaptasi   dengan  terns  belajar, berbagi, dan berkolaborasi.

Bapak dan lbu guru yang saya hormati,

Kami di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  dari  awal  berkomitmen dan bersungguh-sungguh  untuk terus memperjuangkan hak para pendidik melalui kebijakan rekrutmen guru ASN, pengembangan pendidikan, peningkatan profesionalisme, dan peningkatan kesejahteraan guru. 

Berbagai  kebijakan dan program  kami dibuat dalam masa pandemi  ini, (1) Bantuan kuota  data internet; (2) Fleksibilitas penggunaan  dana BOS; (3) Pengalokasian  BOS Afirmasi  dan  BOS Kinerja  untuk  bantuan  Covid-19 di sekolah  negeri  dan swasta yang  paling  terdampak pandemi  Covid-19; (4) Bantuan  Subsidi Upah  untuk  guru dan  tenaga  kependidikan  non-PNS;  (5)  Kurikulum   Darurat;   (6)  Program   Guru Belajar;  (7) Laman Guru Berbagi;  (8) Program  Belajar  dari Rumah  TVRI;  (9) Seri Webinar  Masa  Pandemi;  dan sebagainya.  Semua kebijakan dan program  ini tidak lain dirancang  untuk  membantu  sebanyak  mungkin guru  dan  tenaga  kependidikan agar mampu melanjutkan  pembelajaran untuk anak-anak  Indonesia.

Bapak dan  lbu guru  yang saya  cintai  dan banggakan,

Guru adalah profesi  yang  mulia dan terhormat.  Berbagai  upaya kami tempuh untuk mencapai  menempatkan  guru pada posisi itu. Pada tahun 2021, kami berkomitmen memperjuangkan guru-guru honorer melalui seleksi yang demokratis bagi guru-guru non-PNS  menjadi  guru  ASN  PPPK  dengan  kuota  cukup  besar  sesuai  kebutuhan masing-masing daerah. Kami memohon  doa Bapak dan Ibu guru semua agar langkah kami memperjuangkan  hak para pendidik  dapat berjalan  dengan  baik dan lancar.

Terima   kasih   saya   yang   tak  terhingga   bagi  Bapak   dan   Ibu   guru   yang   telah mengorbankan  waktu,  tenaga,  bahkan  bagian  dari  hidupnya  sendiri  demi  murid­ murid  tercinta.  Sekali  lagi,  terima  kasih  telah  menjadi  pelukis  masa  depan   dan peradaban  Indonesia.

Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2020. Teruslah bangkitkan semangat  dan bersatu untuk anak-anak  Indonesia.

Wassalamualaikumwarahmatullah wabarakatuh, 
Om shanti, shanti, shanti om,
Namo buddhaya.


Download Pidato Mendikbud pada Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020

Anda dapat mendownload Pidato Mendikbud pada Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020 disini:

Sumber: Kemdikbud


Download Logo, Baliho dan Spanduk Hari Guru Nasional 2020

Anda dapat mendownload Logo, Baliho dan Spanduk Hari Guru Nasional 2020 disini:

Contoh Soal Seleksi PPPK Kompetensi Teknis Guru Dengan Kunci Jawaban

Untuk mempersiapkan diri mengikuti seleksi Guru PPPK, anda dapat mempelajari contoh soal berikut:

Contoh Soal Seleksi PPPK Kompetensi Teknis Guru Dengan Kunci Jawaban  


Rangkuman Pengumuman Rencana Seleksi Guru PPPK Tahun 2021

Rangkuman Pengumuman Rencana Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 bisa anda baca disini:

Rangkuman Pengumuman Rencana Seleksi Guru PPPK Tahun 2021


Berita Gembira dari Mendikbud: Mulai 2021 Semua Guru Honorer Bisa Menjadi ASN Guru PPPK


Operator Sekolah dan Tenaga Administrasi diperbolehkan Ikut Seleksi PPPK dan CPNS

Operator Sekolah dan Tenaga Administrasi diperbolehkan Ikut Seleksi PPPK dan CPNS

Semoga membantu, jangan lupa dishare tulisan ini agar dapat membantu rekan-rekan yang lain 😊

Informasi Pendidikan dalam versi Video dapat anda lihat di Youtube Informasi Pendidikan

Anda dapat juga melihat Video Tutorial seputar Aplikasi Dapodik di Youtube Solusi Dapodik

Semoga bermanfaat,
Salam Pendidikan😊

https://pendikinfo.blogspot.com

No comments

Bagaimana pendapat Anda?