Header Ads

Informasi Terbaru

Aktivitas Belajar Seru untuk Anak yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

Aktivitas Belajar Seru untuk Anak yang Bisa Anda Lakukan di Rumah
Aktivitas Belajar Seru untuk Anak yang Bisa Anda Lakukan di Rumah


pendikinfo.blogspot.com - Sekolah bukan satu-satunya tempat untuk kegiatan belajar. Ketika anak Anda di rumah, Anda adalah guru mereka. Tapi semuanya tidak harus terasa seperti pembelajaran di kelas. Dapatkan anak-anak Anda terlihat bersemangat dan menemukan sesuatu yang baru dengan menyamarkan kegiatan belajar sebagai waktu yang menyenangkan yang dilakukan dirumah. Cobalah kegiatansesuatu yang baru menarik dan efektif ini. 

Mainkan Permainan Belajar

Pindahkan pembelajaran dengan bermain game yang membuat anak-anak Anda bergerak sambil belajar tentang berbagai mata pelajaran.
Untuk anak-anak prasekolah, mulailah dengan permainan dasar yang membantunya belajar, seperti mempelajari bermacam jenis hewan ternak, angka, warna, dan bentuk. \Apa yang Anda pilih untuk diajarkan dengan game ini hanya dibatasi oleh imajinasi Anda.

Pelajari Dasar-Dasar Fonik

Mengajarkan anak Anda untuk membaca, adalah salah satu hadiah paling indah yang pernah Anda berikan kepada mereka. Mempelajari dasar-dasar fonik (yaitu, gagasan bahwa huruf membuat suara tertentu), mempersiapkan anak-anak untuk kesiapan ejaan dan membaca.
Cobalah kegiatan yang menjadikan belajar fonik sebagai petualangan alih-alih pelajaran yang membosankan. Anak-anak dapat bermain game (mencari hal-hal yang dimulai dengan suara tertentu), berburu huruf, membuat buku alfabet, dan bahkan menggunakan smartphone/kamera digital untuk menghidupkan pelajaran fonik mereka.

Praktik Menulis

Menulis adalah keterampilan yang akan digunakan anak-anak Anda sepanjang hidup mereka. Ajari mereka menulis dengan metode yang melampaui pensil ke kertas. Dapatkan berantakan. Biarkan mereka melacak. Hubungkan titik-titik. Gunakan Play-dough untuk membentuk huruf atau menggambar huruf. Mereka akan terhibur dan lebih siap untuk sekolah.
Jika Anda memiliki anak prasekolah, bantu mereka mempelajari alfabet dan gerakan setiap huruf.

Identifikasi Warna

Anak-anak tertarik untuk mempelajari warna mereka pada usia dini.
Dengan sebungkus candy berwarna-warni, Anda akan menempatkan mereka di jalan untuk mengidentifikasi warna, belajar cara menghitung, dan mulai menyortir, yang juga mendorong keterampilan motorik. Pada saat yang sama, Anda membantu mereka mengembangkan keterampilan motorik halus mereka dengan membiarkan mereka mengambil benda-benda kecil.

Kembangkan Keterampilan Menghitung

Mengajari anak Anda cara menghitung tampaknya begitu sederhana tetapi membaca angka dalam urutan yang benar hanyalah permulaan.
Mainkan game yang memungkinkan mereka menyentuh objek yang mereka hitung secara fisik. Sebagai bonus tambahan, penelitian menunjukkan bahwa proyek langsung mengaktifkan otak anak-anak dan membantu mereka belajar lebih baik.3 Anak-anak yang lebih maju dalam keterampilan menghitung mereka dapat mencoba variasi permainan yang akan menantang mereka untuk berpikir melampaui menghitung hingga tiga dan dalam hal berapa banyak objek yang sebenarnya mereka lihat di hadapan mereka.

Mengajarkan Matematika

Matematika adalah subjek yang mudah diajarkan karena ada di sekitar kita. Tambahkan jumlah orang yang menunggu di restoran. Bagilah jumlah pemain sepak bola di lapangan dengan jumlah botol air di bangku cadangan untuk melihat berapa banyak orang yang tidak memiliki apa pun untuk diminum.
Untuk anak-anak prasekolah, jagoan matematika masa depan Anda bisa mendapatkan awal pengenalan angka (mencari digit saat bermain "I Spy") dan belajar menghitung. Untuk anak-anak usia sekolah, atasi pecahan dan masalah matematika lanjutan lainnya dengan permainan matematika.

Memperkaya Pikiran Mereka Dengan Musik

Ada begitu banyak kegiatan musik yang dapat Anda mainkan bersama untuk menanamkan kecintaan pada musik yang akan mereka bawa bersama mereka sepanjang hidup mereka.
Sebuah instrument sederhana yang tepat merancang kelas musik yang menyenangkan, membuat instrumen Anda sendiri (tambahkan sebuah bel, dan membuat rebana, misalnya), untuk menciptakan permainan  bermain musik. Rekam suara instrumen dan putar kembali untuk melihat apakah anak Anda bisa mendapatkan jawaban dengan benar dari intrumen music sederhan yang Anda ciptakan.

Cobalah Eksperimen Sains di Rumah

Pikirkan "eksperimen sains" dan Anda mungkin memiliki visi laboratorium sains sederhana.
Anak-anak prasekolah akan menikmati eksperimen sains sederhana yang tidak memerlukan banyak upaya di pihak Anda (gunakan permen dan tusuk gigi untuk membuat bentuk), namun penuh dengan peluang belajar yang menyenangkan. Anak-anak usia sekolah Anda dapat mencoba eksperimen sains yang sedikit lebih terlibat tetapi tidak akan meninggalkan rumah.
Anak-anak prasekolah menyukai satu-satu waktu dengan ibu dan ayah dan anak-anak usia sekolah dapat memulai pelatihan formal untuk meningkatkan keterampilan musik mereka.

Menanam dan Bertaman

Ada lebih banyak untuk menanam tanaman di kebun daripada menempelkan benih di tanah dan menunggu sesuatu tumbuh. Taman adalah pelajaran dalam sains, nutrisi, dan kesabaran yang semuanya digabungjan  menjadi satu petak di halaman rumah Anda.
Sebuah taman mengajarkan anak-anak prasekolah bagaimana tanaman menjadi hidup. Ini juga cara mudah untuk mengajarinya tentang nutrisi dan membuatnya bersemangat makan sayuran yang ditanamnya. Anak-anak usia sekolah dapat menyimpan jurnal berkebun, mempelajari nama ilmiah tanaman, dan menumbuhkan tanaman yang lebih sulit.

Membuat Situs Web

Nyalakan komputer dan buat situs web bersama-sama.
Anak-anak prasekolah mungkin bukan desainer situs web terbaik, tetapi mereka tidak terlalu muda untuk memiliki situs web mereka sendiri. Dengan bantuan Anda, mereka dapat mengambil gambar untuk situs mereka, memberi tahu Anda apa yang ingin mereka katakan di blog mereka, dan mempelajari apa yang diperlukan untuk membuat situs web berjalan dengan lancar. Ketika mereka lebih tua, Anda dapat mendesain ulang situs bersama-sama dan menyerahkan kunci tanpa harus melakukan banyak hal untuk mereka.
Anak-anak usia sekolah siap mengelola sebagian besar situs mereka sendiri, yang akan membantu meningkatkan keterampilan menulis dan berpikir mereka. Anda juga dapat menggunakan situs web mereka untuk mengajari mereka cara tetap aman dalam melakukan online.

Jelajahi Budaya Dunia 

Letakkan buku teksnya. Sedikit kreativitas dapat membantu Anda mengajarkan anak Anda tentang budaya dunia dengan cara yang akan membuat belajar menyenangkan sambil memperkaya kesadaran mereka tentang tradisi dan cara hidup orang lain.  Dunia tidak akan pernah terlihat sama baginya lagi.
Anak-anak prasekolah dapat menikmati kerajinan yang mungkin ia temukan di negara lain dan mencicipi makanan otentik yang Anda masak bersama. Anak-anak usia sekolah dapat mempelajari etiket budaya, menemukan berbagai macam hal dari negara itu, dan belajar kata-kata dari bahasa resmi.

Referensi 
Barclay, K. H. with Breheny, C. (1994, September). Letting the children take over more of their learning: Collaborative research in the kindergarten classroom. Young Children.
Bredekamp, S. (Ed.). (1997).  Developmentally appropriate practice in early childhood programs serving children from birth through age 8 (Rev. ed.). Washington, DC: NAEYC.
Gregory, D. (1997).  New technologies and art education: Implications for theory, research and practice. Reston, VA: NAEA.
Sumber: GTK Paud Kemdikbud



Semoga membantu, jangan lupa dishare tulisan ini agar dapat membantu rekan-rekan yang lain 😊

Untuk melihat Webinar yang lain, anda bisa mengklik tautan ini: Daftar Seluruh Webinar

Informasi terkait seleksi Guru PPPK 2021 dapat anda temukan disini: Informasi Seleksi Guru PPPK

Informasi seputar CPNS 2021 dapat anda temukan disini: Informasi CPNS 2021

Kumpulan Tutorial Aplikasi Dapodik dapat Anda Baca disini: Kumpulan Tutorial Aplikasi Dapodik 

Informasi Pendidikan dalam versi Video dapat anda lihat di Youtube Informasi Pendidikan

Anda dapat juga melihat Video Tutorial seputar Aplikasi Dapodik di Youtube Solusi Dapodik

Baca Juga: 

  1. Mendikbud Tak Batasi Usia Guru Honorer yang Ikut Seleksi PPPK
  2. Pertimbangan Utama Kemdikbud Dalam Seleksi Guru PPPK
  3. Ini Bocoran Gaji dan Tunjangan Guru Jika Lolos Seleksi PPPK
  4. Rangkuman Pengumuman Rencana Seleksi Guru PPPK Tahun 2021
  5. Contoh Soal Seleksi PPPK Kompetensi Teknis Guru Dengan Kunci Jawaban
  6. Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka per Januari 2021
  7. Cara Cek Keaslian Ijazah di Risetdikti
  8. Jamin Transparansi, Seluruh Proses Seleksi Guru PPPK Gunakan Sistem TI - Informasi Dunia Pendidikan
  9. Ayo Ikuti Program Guru Belajar seri Pendidikan Keterampilan Hidup, Dapatkan Sertifikat Pengajar PKH 32 JP - Informasi Dunia Pendidikan
  10. Kabar Gembira: Tenaga Administrasi Bisa Ikut Seleksi CPNS dan PPPK, Ini 5 Kesepakatan Komisi II DPR RI dengan MenPAN-RB

Informasi PPPK

Daftar Gaji dan Tunjangan Guru PPPK

Daftar Gaji dan Tunjangan Guru PPPK dapat anda baca disini:

Syarat Pendaftaran Seleksi Guru PPPK

Syarat Pendaftaran Seleksi Guru PPPK dapat anda baca disini: 

Ini Tahapan Pengadaan ASN Guru PPPK 2021

Tahapan Pengadaan ASN Guru PPPK 2021 dapat anda baca disini: 

Pengumuman Jadwal Seleksi Guru PPPK

Pengumuman Jadwal Seleksi Guru PPPK dapat anda baca disini:

Mendikbud Tak Batasi Usia Guru Honorer yang Ikut Seleksi PPPK


Pertimbangan Utama Dalam Seleksi Guru PPPK

Pertimbangan Utama Kemdikbud Dalam Seleksi Guru PPPK dapat anda baca disini:

Contoh Soal Seleksi PPPK Kompetensi Teknis Guru Dengan Kunci Jawaban

Untuk mempersiapkan diri mengikuti seleksi Guru PPPK, anda dapat mempelajari contoh soal berikut:
Contoh Soal Seleksi PPPK Kompetensi Teknis Guru Dengan Kunci Jawaban  

Rangkuman Pengumuman Rencana Seleksi Guru PPPK Tahun 2021

Rangkuman Pengumuman Rencana Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 bisa anda baca disini: 
Rangkuman Pengumuman Rencana Seleksi Guru PPPK Tahun 2021

Siaran Pengumuman Seleksi Guru PPPK Tahun 2021

Siaran Pengumuman Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 dapat anda lihat disini:
Siaran Pengumuman Seleksi Guru PPPK Tahun 2021

Informasi Pembelajaran Tatap Muka

Inilah yang Harus Dilakukan Sekolah Sebelum Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka

Hal yang Harus Dilakukan Sekolah Sebelum Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka dapat anda baca disini:
Inilah yang Harus Dilakukan Sekolah Sebelum Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka

Informasi Guru

Download Gratis Seluruh RPP Daring/Luring Terbaru Tingkat PAUD, SD, SMP, SMA, SMK

Anda dapat mendownload Gratis Seluruh RPP Daring/Luring Terbaru Tingkat PAUD, SD, SMP, SMA, SMK disini:
Download Gratis Seluruh RPP Daring/Luring Terbaru Tingkat PAUD, SD, SMP, SMA, SMK

Mekanisme & Prosedur Penambahan PTK Baru pada Dapodik 2021

Mekanisme & Prosedur Penambahan PTK Baru pada Dapodik 2021 silahkan baca disini:



Semoga bermanfaat,
Salam Pendidikan😊

https://pendikinfo.blogspot.com

No comments

Bagaimana pendapat Anda?