Ini Strategi untuk Meningkatkan Praktik Budaya Literasi di Sekolah
Ini Strategi untuk Meningkatkan Praktik Budaya Literasi di Sekolah |
pendikinfo.blogspot.com - Menurut data PISA di tahun 2018, kemampuan literasi dan numerasi Indonesia cenderung stagnan dan menduduki peringkat kedua dari bawah. Selain itu tidak ada lonjakan peningkatan nilai selama kurang lebih 18 tahun terakhir. Untuk mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi pada peserta didik diperlukan strategi yang tepat agar anak-anak semakin tertarik dan terlatih untuk mengembangkan kemampuan membaca, menulis serta memahami informasi di sekelilingnya. Sehingga menjadi pengetahuan yang bermanfaat.
Hal itu disampaikan Dr. Khairullah, M.Pd, Koordinator Fungsi Peserta Didik Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbud, pada saat memberikan paparan materi dalam webinar Praktik Budaya Literasi Di Sekolah Dasar pada Sabtu, 19 Desember 2020..
“Oleh karena itu dengan adanya kegiatan webinar untuk mensosialisasikan literasi ini sangatlah tepat dan sangat penting apalagi di tengah pandemi ini. Apalagi Sekolah Dasar adalah tempat pertama untuk menanamkan dasar-dasar tentang literasi kepada anak-anak,” ujar Khairullah.
Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Wien Muldian Ketua Umum Perkumpulan Literasi Indonesia dan juga Kanti W. Janis, SH, LLM, CEO Indonesian Writers Inc., Khairullah menyampaikan bahwa membaca itu seharusnya tidak sekadar menggabungkan huruf-huruf menjadi kalimat saja akan tetapi harus dipahami oleh anak-anak.
“Bahkan kita harus mengajarkan anak-anak bukan sekedar membaca tapi juga harus mengetahui maksud dari apa yang dibaca oleh mereka,” tambahnya.
Khairullah melanjutkan, sosialisasi literasi dan numerasi ini harus dilakukan secara konsisten dan massif karena menurut data dari UNESCO minat baca Indonesia masih sangat memprihatinkan. Dimana jika dilihat dari persentasenya adalah 0,01%.
“ini artinya dari setiap 1000 orang Indonesia hanya satu orang yang membaca. Ini perlu kita perhatikan kita semua. Oleh karena itu diharapkan ada upaya-upaya dari kita semua mampu menggerakkan anak-anak Sekolah Dasar untuk cinta dan mau membaca dan memahami apa yang mereka baca,” ujarnya.
Akan tetapi Khairullah menegaskan, untuk meningkatkan literasi di Sekolah dasar ini diperlukan kerjasama berbagai pihak. Baik pemerintah pusat, daerah, kepala sekolah, guru, serta masyarakat.
“Tanpa ada kerjasama dan keterlibatan masyarakat saya yakin agak sulit terlaksana. Oleh karena itu permasalahan literasi ini adalah kepentingan kita bersama.” Tandasnya.
Kanti W. Janis, SH, LLM, CEO Indonesian Writers Inc, mengatakan minat baca orang Indonesia memang rendah. Akan tetapi opini rendahnya tingkat literasi Indonesia itu murni disebabkan oleh faktor rasio antara ketersediaan bacaan dengan jumlah penduduk yang berbeda sangatlah jauh.
“Seperti yang dikutip dari Kepala Perpustakaan Nasional Syarif Bando yang mengatakan jika setiap tahun perpustakaan hanya menyediakan 50 juta buku bacaan terbaru, secara de facto ada kekurangan 217 juta buku (1 buku baru per orang per tahun). Sementara UNESCO menetapkan standar minimal 3 buku baru setiap orang per tahun,” papar Kanti.
Kanti juga menyampaikan di Indonesia sendiri untuk minat membacanya cukup tinggi, akan tetapi daya bacanya rendah. Selain itu yang perlu dipahami oleh masyarakat, membaca adalah keterampilan yang perlu dilatih. Seperti keterampilan bermain alat musik, keterampilan melukis, menjahit dan sebagainya.
“Setiap keterampilan perlu dilatih sesuai perjenjangannya. Yaitu, pemula, menengah dan ahli,” ujar penulis sekaligus advocate ini.
Kanti menambahkan membaca merupakan melatih kemampuan literasi anak. Sementara kemampuan literasi adalah kemampuan menalar, melihat persoalan secara menyeluruh dan menemukan solusinya.
“Jika literasi itu diajarkan pada anak sejak dini sehingga setiap anak siap menghadapi kehidupan. Oleh karena itu peran guru selain memilihkan bacaan sesuai untuk pelajar Sekolah Dasar, adalah memilih bacaan yang melatih kemampuan berpikir kritis.” Pungkasnya.
Di siis lain Wien Muldian Ketua Umum Perkumpulan Literasi Indonesia juga menyampaikan dalam paparannya, jika ada literasi yang perlu dipahami selain membaca dan menulis yaitu multiliterasi. Keterampilan multiliterasi merupakan keterampilan yang menggunakan berbagai cara untuk menyatakan serta memahami ide-ide, pengetahuan dan informasi dengan menggunakan bentuk-bentuk teks konvensional maupun bentuk-bentuk teks inovatif, simbol, dan multimedia.
“Beragam teks yang digunakan dalam satu konteks disebut teks multimoda. Yang terdapat dalam teks multimoda itu diantaranya ada movie ada infografis, ada booklets, sketchnoting, email, animasi visual dan masih banyak lagi. Sementara itu untuk jenis teks multimoda dan gaya belajarnya itu bisa melalui cetak tulisan audio visual digital dan kinestetik,” papar Wien.
Sementara itu untuk strategi budaya literasinya sendiri, Wien mengatakan dapat melakukan 3 strategi diantaranya, ada strategi melalui pembangunan lingkungan fisik yang kondusif dan menyenangkan bagi seluruh ekosistem Sekolah Dasar. Terutama siswa agar semua merasa nyaman dan memudahkan dalam proses pendidikan.
Selain itu juga dapat membangun lingkungan sosial afektif di sekolah dimana setiap setiap siswa memiliki kedekatan emosional dan psikis dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan sesama siswa, guru, keluarga, masyarakat dan lainnya.
“Strategi yang ketiga adalah membangun lingkungan akademis di sekolah dimana setiap siswa belajar satu sama lain dan belajar bersama untuk meningkatkan pengetahuan dan mempraktekkannya di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. Karena siswa memiliki kedekatan emosional dan psikis dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan sesama siswa, guru, keluarga, masyarakat dan lainnya.” Ujar Wien mengakhiri.
Sumber: Direktorat SD Kemdikbud
Semoga membantu, jangan lupa tulis komentar dan share tulisan ini agar dapat membantu rekan-rekan yang lain 😊
Informasi terkait Seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui SNMPTN dan SBMPTN dapat anda temukan disini: Informasi Seleksi Masuk PTN
Untuk melihat Webinar yang lain, anda bisa mengklik tautan ini: Daftar Seluruh Webinar
Informasi terkait seleksi Guru PPPK 2021 dapat anda temukan disini: Informasi Seleksi Guru PPPK
Informasi seputar CPNS 2021 dapat anda temukan disini: Informasi CPNS 2021
Kumpulan Tutorial Aplikasi Dapodik dapat Anda Baca disini: Kumpulan Tutorial Aplikasi Dapodik
Informasi Pendidikan dalam versi Video dapat anda lihat di Youtube Informasi Pendidikan
Baca Juga:
- Mendikbud Tak Batasi Usia Guru Honorer yang Ikut Seleksi PPPK
- Pertimbangan Utama Kemdikbud Dalam Seleksi Guru PPPK
- Ini Bocoran Gaji dan Tunjangan Guru Jika Lolos Seleksi PPPK
- Rangkuman Pengumuman Rencana Seleksi Guru PPPK Tahun 2021
- Contoh Soal Seleksi PPPK Kompetensi Teknis Guru Dengan Kunci Jawaban
- Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka per Januari 2021
- Cara Cek Keaslian Ijazah di Risetdikti
- Jamin Transparansi, Seluruh Proses Seleksi Guru PPPK Gunakan Sistem TI - Informasi Dunia Pendidikan
- Ayo Ikuti Program Guru Belajar seri Pendidikan Keterampilan Hidup, Dapatkan Sertifikat Pengajar PKH 32 JP - Informasi Dunia Pendidikan
- Kabar Gembira: Tenaga Administrasi Bisa Ikut Seleksi CPNS dan PPPK, Ini 5 Kesepakatan Komisi II DPR RI dengan MenPAN-RB
Informasi PPPK
Daftar Gaji dan Tunjangan Guru PPPK
Daftar Gaji dan Tunjangan Guru PPPK dapat anda baca disini:
Syarat Pendaftaran Seleksi Guru PPPK
Syarat Pendaftaran Seleksi Guru PPPK dapat anda baca disini:
Ini Tahapan Pengadaan ASN Guru PPPK 2021
Tahapan Pengadaan ASN Guru PPPK 2021 dapat anda baca disini:
Pengumuman Jadwal Seleksi Guru PPPK
Pengumuman Jadwal Seleksi Guru PPPK dapat anda baca disini:
Mendikbud Tak Batasi Usia Guru Honorer yang Ikut Seleksi PPPK
Selengkapnya baca disini: Mendikbud Tak Batasi Usia Guru Honorer yang Ikut Seleksi PPPK
Pertimbangan Utama Dalam Seleksi Guru PPPK
Pertimbangan Utama Kemdikbud Dalam Seleksi Guru PPPK dapat anda baca disini:
Contoh Soal Seleksi PPPK Kompetensi Teknis Guru Dengan Kunci Jawaban
Untuk mempersiapkan diri mengikuti seleksi Guru PPPK, anda dapat mempelajari contoh soal berikut:
Contoh Soal Seleksi PPPK Kompetensi Teknis Guru Dengan Kunci Jawaban
Contoh Soal Seleksi PPPK Kompetensi Teknis Guru Dengan Kunci Jawaban
Rangkuman Pengumuman Rencana Seleksi Guru PPPK Tahun 2021
Rangkuman Pengumuman Rencana Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 bisa anda baca disini:
Rangkuman Pengumuman Rencana Seleksi Guru PPPK Tahun 2021
Rangkuman Pengumuman Rencana Seleksi Guru PPPK Tahun 2021
Siaran Pengumuman Seleksi Guru PPPK Tahun 2021
Siaran Pengumuman Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 dapat anda lihat disini:
Siaran Pengumuman Seleksi Guru PPPK Tahun 2021
Siaran Pengumuman Seleksi Guru PPPK Tahun 2021
Informasi Pembelajaran Tatap Muka
Inilah yang Harus Dilakukan Sekolah Sebelum Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka
Hal yang Harus Dilakukan Sekolah Sebelum Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka dapat anda baca disini:
Inilah yang Harus Dilakukan Sekolah Sebelum Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka
Inilah yang Harus Dilakukan Sekolah Sebelum Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka
Informasi Guru
Download Gratis Seluruh RPP Daring/Luring Terbaru Tingkat PAUD, SD, SMP, SMA, SMK
Anda dapat mendownload Gratis Seluruh RPP Daring/Luring Terbaru Tingkat PAUD, SD, SMP, SMA, SMK disini:
Download Gratis Seluruh RPP Daring/Luring Terbaru Tingkat PAUD, SD, SMP, SMA, SMK
Download Gratis Seluruh RPP Daring/Luring Terbaru Tingkat PAUD, SD, SMP, SMA, SMK
Mekanisme & Prosedur Penambahan PTK Baru pada Dapodik 2021
Mekanisme & Prosedur Penambahan PTK Baru pada Dapodik 2021 silahkan baca disini:
Semoga bermanfaat,
Salam Pendidikan😊
https://pendikinfo.blogspot.com
No comments
Bagaimana pendapat Anda?