Header Ads

Informasi Terbaru

Pentingnya Kurikulum Nasional yang Fleksibel di Abad 21

Pentingnya Kurikulum Nasional yang Fleksibel di Abad 21
Pentingnya Kurikulum Nasional yang Fleksibel di Abad 21


pendikinfo.blogspot.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan (Balitbangbuk), menggelar seminar digital bertaraf internasional bertajuk “International Seminar on Curriculum” secara daring, Selasa (15/12).
 
Kegiatan yang diikuti oleh para guru, kepala sekolah, dan pemerhati pendidikan di seluruh Indonesia ini membahas pentingnya kurikulum beradaptasi terhadap situasi nasional dan global yang terus berubah, apalagi di tengah pandemi yang masih melanda Indonesia dan dunia. Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Na’im pada sambutannya secara virtual menyadari pentingnya transformasi kurikulum sebagai langkah strategis bangsa menghadapi tantangan abad 21.
 
Pandemi ini memperlihatkan bahwa kurikulum Indonesia harus berubah agar anak-anak bisa menghadapi tantangan. Karena itulah Kemendikbud menggagas Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka yang bertujuan membangun pelajar-pelajar Pancasila dengan karakter beriman, kreatif, kritis, berkebhinekaan global, dan mampu menghadapi tantangan,” kata Ainun Na`im.
 
Sesjen Ainun mengatakan, perkembangan teknologi informasi dan globalisasi tak terelakkan lagi dan menghadirkan tantangan-tantangan baru bagi umat manusia. Semua negara berpacu untuk meningkatkan kualitas hidup warganya dalam berbagai aspek, termasuk pendidikan.
 
Senada dengan itu, Sekretaris Balitbang dan Perbukuan, Suhadi menyatakan bahwa Indonesia harus dapat mengantisipasi perubahan aktual. Suhadi berharap, kurikulum di Indonesia dapat mengakomodiasi kebutuhan-kebutuhan modern. “(seminar ini) dapat menjadi wadah untuk memberikan masukan berharga agar kurikulum dapat disempurnakan sesuai tuntutan zaman yang ada, dan kita bisa menciptakan generasi emas yang lebih maju lagi,” katanya.  
 
Pada kesempatan yang sama, Penasehat Program Inovasi (Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia), Robert mengakui adanya perbedaan dalam sistem pendidikan kedua negara. Inovasi adalah suatu kegiatan hasil kerja sama Indonesia dan Australia di bidang pendidikan. Menurut dia, kesamaan Indonesia dan Australia adalah semangat meningkatkan kesempatan belajar dan mutu pembelajaran untuk anak-anak. “Dengan persahabatan dan komitmen, semoga kita bisa meningkatkannya,” kata Robert Randall yang memberi paparan secara digital dari Sydney, Australia.
 
Randall menggarisbawahi berbagai hasil riset yang secara konsisten membuktikan bahwa dari semua faktor yang bisa dikendalikan sekolah, kualitas pedagogi atau seni dan ilmu mengajar, secara langsung dan secara kuat, paling berpengaruh terhadap kualitas hasil pembelajaran siswa. “Esensi dan kualitas pedagogi adalah core business para guru,” tegasnya.
 
Lebih lanjut Robert menjelaskan, fleksibilitas dalam pendidikan harus dipahami dengan hati-hati. “Fleksibilitas ekspektasi kita terhadap apa yang dipelajari dan dipahami peserta didik harus terbatas. Ekspektasi kita secara umum harus sama untuk semua peserta didik di manapun berada. Standar ini sebaiknya tidak bervariasi,” terangnya sambil memberi pengecualian kepada siswa dengan disabilitas atau kondisi tertentu.
 
Robert meyakini, jika kurikulum dikembangkan dan dikonsultasikan dengan baik serta dibuat berdasarkan riset yang valid, maka seharusnya tidak terdapat fleksibilitas dalam materi ajar dan ekspektasi pada siswa. Namun, kata dia, harus ada fleksibilitas di sisi lain, yaitu bagaimana kurikulum disampaikan, termasuk tentang pertanyaan-pertanyaan dari guru ke siswa, konteks lingkungan, dan isu-isu yang bisa dieksplorasi siswa.
 
“Konteks lokal harus bervariasi, fleksibilitas justru sangat penting, harus ada di sini. Sebab, riset telah membuktikan, jika kita memilih masalah yang relevan dan bermakna buat siswa, maka mereka bisa belajar dengan baik dan mengembangkan keterampilan bertanya. Ini sumbangsih positif bagi pembelajaran,” lanjutnya.
 
Robert juga menekankan, guru-guru harus mampu mengerahkan kewenangan profesional mereka untuk memutuskan apa yang akan paling menarik dan akan menyita perhatian para siswa. Ia mengatakan, ini tantangan untuk guru. “Kita sedang terjebak dalam volume konten. Kita berhadapan pada ilmu-ilmu yang kita pelajari di abad lalu dan sekarang kita dihadapkan pada ilmu-ilmu abad 21 juga. Banyak orang bilang, kita pelajari yang abad 21 saja. Menurut saya ini false decision,” Robert mengingatkan.
 
Sebab, menurutnya, ilmu-ilmu abad 21 tetap membutuhkan disiplin-disiplin ilmu tradisional. Ia mencontohkan, problem solving. Untuk menjadi pemecah masalah yang baik, maka perlu pemahaman mendalam tentang disiplin ilmu yang masalahnya ingin dipecahkan. “Mungkin saya bisa memecahkan masalah matematika dengan baik. Tapi, ini tidak berarti saya pasti bisa memecahkan masalah di bidang sains. Saya harus punya pemahaman mendalam tentang sains untuk bisa memecahkan ini,” tuturnya.
 
Menurut Robert, yang harus segera diatasi adalah sikap mental para siswa Indonesia, karena survei Program for International Student Assessment (PISA) 2018 memperlihatkan kecenderungan prihatin.
 
“Para siswa ditanya: ‘Apakah Anda setuju bahwa kecerdasan Anda adalah sesuatu yang tidak bisa terlalu Anda ubah?’ Nah, hanya 29% anak Indonesia yang tidak setuju. Artinya hanya 29% anak Indonesia yang punya growth mindset atau mental pertumbuhan. Mental ini yang harus kita dorong, agar anak-anak Indonesia bermental terbuka dan punya sikap fleksibel. Karena, riset juga sudah membuktikan bahwa jika seorang pembelajar percaya mereka bisa berhasil, mereka cenderung berusaha dan gigih bertahan dalam belajar,” saran Robert.
Sumber: Kemdikbud


Semoga membantu, jangan lupa dishare tulisan ini agar dapat membantu rekan-rekan yang lain 😊

Untuk melihat Webinar yang lain, anda bisa mengklik tautan ini: Daftar Seluruh Webinar

Informasi terkait seleksi Guru PPPK 2021 dapat anda temukan disini: Informasi Seleksi Guru PPPK

Informasi seputar CPNS 2021 dapat anda temukan disini: Informasi CPNS 2021

Kumpulan Tutorial Aplikasi Dapodik dapat Anda Baca disini: Kumpulan Tutorial Aplikasi Dapodik 

Informasi Pendidikan dalam versi Video dapat anda lihat di Youtube Informasi Pendidikan

Anda dapat juga melihat Video Tutorial seputar Aplikasi Dapodik di Youtube Solusi Dapodik

Baca Juga: 

  1. Mendikbud Tak Batasi Usia Guru Honorer yang Ikut Seleksi PPPK
  2. Pertimbangan Utama Kemdikbud Dalam Seleksi Guru PPPK
  3. Ini Bocoran Gaji dan Tunjangan Guru Jika Lolos Seleksi PPPK
  4. Rangkuman Pengumuman Rencana Seleksi Guru PPPK Tahun 2021
  5. Contoh Soal Seleksi PPPK Kompetensi Teknis Guru Dengan Kunci Jawaban
  6. Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka per Januari 2021
  7. Cara Cek Keaslian Ijazah di Risetdikti
  8. Jamin Transparansi, Seluruh Proses Seleksi Guru PPPK Gunakan Sistem TI - Informasi Dunia Pendidikan
  9. Ayo Ikuti Program Guru Belajar seri Pendidikan Keterampilan Hidup, Dapatkan Sertifikat Pengajar PKH 32 JP - Informasi Dunia Pendidikan
  10. Kabar Gembira: Tenaga Administrasi Bisa Ikut Seleksi CPNS dan PPPK, Ini 5 Kesepakatan Komisi II DPR RI dengan MenPAN-RB

Informasi PPPK

Daftar Gaji dan Tunjangan Guru PPPK

Daftar Gaji dan Tunjangan Guru PPPK dapat anda baca disini:

Syarat Pendaftaran Seleksi Guru PPPK

Syarat Pendaftaran Seleksi Guru PPPK dapat anda baca disini: 

Ini Tahapan Pengadaan ASN Guru PPPK 2021

Tahapan Pengadaan ASN Guru PPPK 2021 dapat anda baca disini: 

Pengumuman Jadwal Seleksi Guru PPPK

Pengumuman Jadwal Seleksi Guru PPPK dapat anda baca disini:

Mendikbud Tak Batasi Usia Guru Honorer yang Ikut Seleksi PPPK


Pertimbangan Utama Dalam Seleksi Guru PPPK

Pertimbangan Utama Kemdikbud Dalam Seleksi Guru PPPK dapat anda baca disini:

Contoh Soal Seleksi PPPK Kompetensi Teknis Guru Dengan Kunci Jawaban

Untuk mempersiapkan diri mengikuti seleksi Guru PPPK, anda dapat mempelajari contoh soal berikut:
Contoh Soal Seleksi PPPK Kompetensi Teknis Guru Dengan Kunci Jawaban  

Rangkuman Pengumuman Rencana Seleksi Guru PPPK Tahun 2021

Rangkuman Pengumuman Rencana Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 bisa anda baca disini: 
Rangkuman Pengumuman Rencana Seleksi Guru PPPK Tahun 2021

Siaran Pengumuman Seleksi Guru PPPK Tahun 2021

Siaran Pengumuman Seleksi Guru PPPK Tahun 2021 dapat anda lihat disini:
Siaran Pengumuman Seleksi Guru PPPK Tahun 2021

Informasi Pembelajaran Tatap Muka

Inilah yang Harus Dilakukan Sekolah Sebelum Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka

Hal yang Harus Dilakukan Sekolah Sebelum Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka dapat anda baca disini:
Inilah yang Harus Dilakukan Sekolah Sebelum Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka

Informasi Guru

Download Gratis Seluruh RPP Daring/Luring Terbaru Tingkat PAUD, SD, SMP, SMA, SMK

Anda dapat mendownload Gratis Seluruh RPP Daring/Luring Terbaru Tingkat PAUD, SD, SMP, SMA, SMK disini:
Download Gratis Seluruh RPP Daring/Luring Terbaru Tingkat PAUD, SD, SMP, SMA, SMK

Mekanisme & Prosedur Penambahan PTK Baru pada Dapodik 2021

Mekanisme & Prosedur Penambahan PTK Baru pada Dapodik 2021 silahkan baca disini:



Semoga bermanfaat,
Salam Pendidikan😊

https://pendikinfo.blogspot.com

No comments

Bagaimana pendapat Anda?